Pengaruh situasi
Pengaruh Situasi dapat dipandang sebagai pengaruh yang timbul dari faktor
yang khusus untuk waktu dan tempat yang spesifik yang lepas dari karakteristik
konsumen dan karakteristik obyek (Engel, et.al ,1994) . Situasi Konsumen adalan
faktor lingkungan sementara yang menyebabkan suatu situasi dimana perilaku
konsumen muncul pada waktu tertentu dan tempat tertentu ( Mowen dan Minor 1998)
Pengaruh situasi dapat dipandang sebagai pengaruh yang timbul dari faktor
yang khusus untuk waktu dan tempat yang spesifik yang lepas dari karakteristik
konsumen dan karakteristik obyek. Situasi konsumen adalah faktor lingkungan
sementara yang menyebabkan suatu situasi dimana perilaku konsumen muncul pada
waktu tertentu dan tempat tertentu.
Ada Beberapa Pengaruh Lingkungan :
·
Pengaruh
Pribadi
·
Keluarga
·
Situasi
Pengaruh
Situasi Terhadap Pembelian dan Konsumsi
Situasi
Pembelian adalah lingkungan atau suasana yang dialami/dihadapi konsumen ketika
membeli produk dan jasa. Situasi pembelian akan mempengaruhi pembelian Misal:
Ketika Konsumen berada di bandara, ia mungkin akan bersedia membayar sekaleng
Coke berapa saja harganya ketika haus. Sebaliknya, jika ia berbelanja Coke di
swalayan dan mendapatkan harganya relatif lebih mahal, ia mungkin sangat
sensitif terhadap harga. Konsumen tsb mungkin akan menunda pembelian Coke dan
mencari di tempat lain.
Pengaruh Situasi memiliki penafsiran yang berbeda beda dari beberapa
ahli. Menurut wilkie pengaruh situasional adalah kekuatan sesaat yg
tidak berasal dari dalam diri seseorang atau berasal dari produk atau merek
yang di pasarkan , penelitian telah menemukan bahwa faktor situasional
mempengaruhi pilihan konsumen dengan mengubah kemungkinan pemilihan berbagai
alternative. Menurut Asseal adalah kondisi sesaat yang muncul pada tempat dan
waktu tertentu. Kemunculanya terpisah dari diri produk maupun konsumen.
Sedangkan menurut belik , mendifinisikan situasi sebagai semua faktor yang
utama terhadap tempat dan situasi yang tidak menurut pengetahuan seseorang (
intra individu ) dan stimulasi ( alternative pilihan ) dan memiliki bukti dan
pengaruh sistimatis pada prilaku saat itu. Secara umum pengaruh situasi adalah
faktor faktor yang mempengaruhi konsumen dalam bertindak diluar pengaruh produk
tersebut dan juga iklan.
Pengaruh situasional pada konsumen berasal dari dalam diri mapun dari
lingkungan dimana konsumen berada pada saat melakukan aktifitas. Terdapat
beberapa faktor faktor yang mempengaruhi situasi konsumen diantaranya yaitu:
·
Melibatkan
waktu dan tempat dalam mana aktifitas konsumen terjadi ,
·
Mempengaruhi
tindakan konsumen sperti prilaku pembelian , dan
·
Tidak termasuk
karakteristik personal yang berlaku dalam jangka panjang.
Situasi konsumen relative merupakan kejadian jangka pendek dan harus dibedakan dengan lingkungan makro atau faktor-faktor personal yang memiliki jangka waktu lama .
Situasi konsumen relative merupakan kejadian jangka pendek dan harus dibedakan dengan lingkungan makro atau faktor-faktor personal yang memiliki jangka waktu lama .
Sesuai dengan waktu kegunaannya, situasi konsumen terbagi menjadi tiga
diantaranya:
·
Situasi
Pembelian
Merupakan suatu kondisi atau suasana dimana konsumen
sedang melakukan pembelian produk. Situasi seperti ini akan mempengaruhi
konsumen dalam bertindak atau memutuskan pembelian. Contohnya : Pada saat
setelah olahraga seorang konsumen membutuhkan air untuk menambah stamina yang
mulai turun akibat kehausan dan kelelahan saat itu konsumen akan membeli air
minum berapapun harganya karena ia sangat membutuhkannya.
·
Situasi
Komunikasi
Merupakan suatu kondisi atau suasana dimana konsumen
melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi, baik informasi secara langsung
maupun tidak langsung. Situasi seperti ini akan mempengaruhi konsumen dalam
melakukan pembelian. Contohnya : Seorang ibu memperoleh informasi dari brosur
mini market tentang adanya potongan harga pada mini market tersebut, pada saat
mendapatkan informasi tersebutlah seorang ibu tersebut dapat memutuskan
pembelian.
·
Situasi
Pemakaian
Merupakan suatu kondisi atau suasana yang dialami
konsumen saat pemakaian produk. Situasi tersebut dapat mempengaruhi konsumen
dalam melakukan pembelian. Contohnya: Mukena dipakai saat seorang wanita akan
shalat, baju hangat digunakan saat cuaca dingin.
Sumber :http://irfiii.blogspot.com
Sumber :http://irfiii.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar