Peluang
adalah harapan terjadinya suatu kejadian yang dikuantitatifkan. Peluang
berhubungan dengan gagasan atau konsep kesempatan atau kemungkinan. Kita
katakan peluangnya besar artinya kesempatan atau kemungkinan terjadinya besar,
sebaliknya peluang kecil artinya kesempatan terjadinya kecil.
Sehebat apapun produk yang dibuat
oleh seorang pengusaha, tidak ada artinya jika tidak sukses di pasar. Jadi,
kalau mau realistis, sebetulnya lebih penting membaca terlebih dahulu peluang
pasarnya, ketimbang bersibuk-sibuk membuat produk yang menurut kita bagus.
Dalam membaca peluang pasar
tersebut, salah satu objek yang harus diteliti secara seksama tentu saja
sasaran calon konsumen. sudah pasti, kita tidak mungkin meneliti calon konsumen
itu satu per satu. Waktu yang diperlukan akan sangat panjang, dan biaya yang
harus dikeluarkan pun bakal mahal.
Karena itu, diperlukan suatu metoda
yang praktis yaitu mengambil beberapa sampel. Sampel tersebut harus mewakili
suatu kelompok lebih besar tanpa disertai prasangka-prasangka yang akan membawa
hasil menyimpang.
Aspek yang paling penting dalam
melaksanakan kegiatan membaca pasar, pertama-tama adalah membuat konsep tentang
tujuan penelitian yang ingin dicapai. Semua informasi yang dikumpulkan harus
berhubungan dengan tujuan tersebut.
Peluang pasar sangatlah menentukan
besar kecilnya usaha yang nanti akan kita bangun,
Membaca peluang pasar mungkin
kelihatannya sulit akan tetapi jika kita melihat keadaan lingkungan tempat
tinggal atau lingkungan sekitar dimana kita berada itu mungkin mudah untuk
dikuasai. Dengan kita melihat di lingkungan sekitar konsumen sekarang
membutuhkan apa atau yang sekarang sangat diperlukan tetapi sulit untuk dijangkau
dan mungkin belum adanya barang subtitusi pengganti barang yang sulit untuk
didapat.
Di kampung inyong yang terletak di kota
purbalingga disana banyak sekali peluang-peluang pasar yang tersedia tetapi
masih kurangnya sdm yang mau mengambil dan masih kurangnya fasilitas yang mendukung
.Peluang yang akan inyong ambil yaitu usaha jasa bengkel motor kenapa , karena
sudah banyak motor-motor disini yang disekitarnya belum ada usaha bengkel dan
masih jarang itupun kalu ada mungkin jauh ada didaerah kota, belum dapat
menjangkau kampung-kampung kecil.
Jadi, usaha ini mungkin yang
terpotensial karena banyak di sekitarnya belum ada benkel dan masih kurangnya
montir di daerah.
Sumber ref:
http://wacanamitra.blogspot.com
http://www.ilmustatistik.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar