SEGMENTASI
PASAR
Segmentasi
pasar adalah
kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda
yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin
membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.
A.
Dasar-dasar dalam penetapan
Segmentasi Pasar
Dalam
penetapan segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu :
1)
Dasar – dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
a.
Variabel
geografi, diantaranya wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
b.
Variabel
demografi, diantaranya umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan,
dan lain sebagainya.
c.
Variabel
psikologis, diantaranya kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
d.
Variabel
perilaku pembeli, diantaranya manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat
pemakaian, status kesetiaan, dan sikap pada produk.
2) Dasar – dasar segmentasi pada pasar industry
a. Tahap
1 : menetapkan segmentasi makro, yaitu
pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
b.
Tahap
2 : sikap terhadap penjual, ciri – ciri
kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.
B.
Syarat segmentasi Pasar
Ada
beberapa syarat segmentasi yang efektif yaitu :
a.
Dapat
diukur
b.
Dapat
dicapai
c.
Cukup
besar atau cukup menguntungkan
d.
Dapat
dibedakan
e.
Dapat
dilaksanakan
C.
Tingkat Segmentasi Pasar
Karena
pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik, maka setiap pembeli
berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu, segmentasi pasar dapat
dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda. Tingkatan segmentasi pasar tersebut
diantaranya :
a.
Pemasaran
missal
Pemasaran massal berfokus pada
produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama
dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
b.
Pemasaran
segmen
Pemasarn segmen menyadari bahwa
pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
c.
Pemasaran
ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche)
berfokus pada sub group didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group
yang didefiniskan dengan lebih sempit.
d.
Pemasaran
mikro
Praktek penyesuaian produk dan
program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu.
Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.
D.
Manfaat Segmentasi Pasar
Manfaat
dari segmentasi pasar adalah :
a.
Penjual
atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-
kesempatan pemasaran.
b.
Penjual
atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang
berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada
berbagai segmen.
c.
Penjual
atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya
ANALISIS
DEMOGRAFI
Analisis demografi adalah teknik yang
digunakan untuk mengembangkan pemahaman tentang usia, jenis kelamin, ras dan
komposisi penduduk dan bagaimana ia telah berubah dari waktu ke waktu melalui
proses demografi dasar kelahiran, kematian, dan migrasi.
Demografi memungkinkan Anda untuk
memahami penduduk di setiap wilayah geografis diantaranya umur, pendapatan,
jenis kelamin, keluarga, perilaku pembelian, preferensi konsumen. Atau memahami
bisnis di daerah manapun yang meliputi ukuran, industri, karyawan, pendapatan.
Tujuan dari analisis demografi adalah untuk mengidentifikasi susunan demografis
target pasar Anda, dan menemukan geografi pasar yang lebih dengan karakteristik
demografi serupa.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar