Selasa, Desember 04, 2012

Segmentasi Pasar Dan Analisis Demografi



SEGMENTASI PASAR
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

A.    Dasar-dasar dalam penetapan Segmentasi Pasar
Dalam penetapan segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu :
1)      Dasar – dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
a.      Variabel geografi, diantaranya wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
b.      Variabel demografi, diantaranya umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dan lain sebagainya.
c.       Variabel psikologis, diantaranya kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
d.      Variabel perilaku pembeli, diantaranya manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan, dan sikap pada produk.

2)      Dasar – dasar segmentasi pada pasar industry
a.   Tahap 1 : menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
b.      Tahap 2 : sikap terhadap penjual, ciri – ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.

B.    Syarat segmentasi Pasar
Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif yaitu :
a.      Dapat diukur
b.      Dapat dicapai
c.       Cukup besar atau cukup menguntungkan
d.      Dapat dibedakan
e.      Dapat dilaksanakan

C.     Tingkat Segmentasi Pasar
Karena pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik, maka setiap pembeli berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu, segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda. Tingkatan segmentasi pasar tersebut diantaranya :
a.      Pemasaran missal
Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
b.      Pemasaran segmen
Pemasarn segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
c.       Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub group didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group yang didefiniskan dengan lebih sempit.
d.      Pemasaran mikro
Praktek penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.

D.    Manfaat Segmentasi Pasar
Manfaat dari segmentasi pasar adalah :
a.      Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan- kesempatan pemasaran.
b.      Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
c.       Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya

ANALISIS DEMOGRAFI
Analisis demografi adalah teknik yang digunakan untuk mengembangkan pemahaman tentang usia, jenis kelamin, ras dan komposisi penduduk dan bagaimana ia telah berubah dari waktu ke waktu melalui proses demografi dasar kelahiran, kematian, dan migrasi.
Demografi memungkinkan Anda untuk memahami penduduk di setiap wilayah geografis diantaranya umur, pendapatan, jenis kelamin, keluarga, perilaku pembelian, preferensi konsumen. Atau memahami bisnis di daerah manapun yang meliputi ukuran, industri, karyawan, pendapatan. Tujuan dari analisis demografi adalah untuk mengidentifikasi susunan demografis target pasar Anda, dan menemukan geografi pasar yang lebih dengan karakteristik demografi serupa.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar