Perilaku konsumen berusaha memahami bagaimana
konsumen :
·
mencari,
·
membeli,
·
menggunakan,
·
mengevaluasi,
·
menghabiskan
produk dan jasa
Tiga Tipe Pengambilan Keputusan
Konsumen
1. Extensive Problem Solving (pemecahan
yang diperluas)
Konsumen tidak memiliki kriteria
untuk mengevaluasi sebuah kategori produk atau merk tertentu pada kategori
produk tersebut, atau tidak membatasi jumlah merk yang akan dipertimbangkan
2. Limited Problem Solving (pemecahan
masalah yang terbatas)
Konsumen telah memiliki beberapa criteria
dasar untuk mengevaluasi kategori produk dan berbaGai merk pada kategori
tersebut.
3. Routinized Response Behavior
(pemecahan masalah rutin)
Konsumen telah memiliki pengalaman terhadap
produk yang dibelimya, Ia juga memiliki standar untuk mengevaluasi merk, konsumen
seringkali hanya mereview apa yang telah diketahuinya.
Langkah-Langkah Pembuatan Keputusan
oleh Konsumen
1. Pengenalan Kebutuhan
Pengenalan kebutuhan muncul ketika
konsumen menghadapi suatu masalah, yaitu keadaan dimana terdapat perbedaan
antara keadaan yg diinginkan dan keadaan yang sebenarnya terjadi. Kebutuhan
harus diaktifkan (activated) terlebih dahulu sebelum ia bisa dikenali
(recognized).
Beberapa faktor yang mempengaruhi pengaktifan
kebutuhan :
·
Waktu
Konsumen yang terbiada makan pagi setiap
pukul 06.00, maka secara otomatis ia akan merasa lapar lagi pada siang hari
·
Perubahan
Situasi
Konsumen yg berubah status dari
bujangan menjadi sudah menika, maka ia akan mengenali banyak kebutuhan yang
lain
·
Pemilikan
Produk
memiliki sebuah produk seringkali
mengaktifkan kebutuhan yang lain
·
Konsumsi
Produk
Contoh : jika buah-buahan yang berada
di lemari es habis, maka akan memicu konsumen untuk membeli lagi buah-buahan
untuk memenuhi kebutuhan konsumesinya
·
Perbedaan
Individu
contoh: konsumen membeli mobil dengan
alasan mobil lamanya sering mogok, konsumen yg lain membeli mobil dengan alasan
yang lain, yaitu ingin tampil trendy
2. Pencarian Informasi
Pencarian
informasi terbagi menjadi dua, yaitu :
1) Pencarian Internal
Konsumen akan mengingat kembali semua
informasi yang ada dalam ingatannya pertama konsumen berusaha mengingat produk
dan merk, yang kedua konsumen akan berfokus pada produk dan merk yang sangat dikenalnya
2) Pencarian Eksternal
Konsumen akan bertanya kepada teman,
saudara, atau tenaga penjual, konsumen membaca surat kabar, dan sebagainya.
Ada beberapa
faktor-faktor yang mempengaruhi pencarian Informasi konsumen diantaranya :
1)
Teori
Ekonomi Informasi
Konsumen akan mencari informasi, jika
manfaat marginal yang diperoleh dari informasi melebihi biaya marginal dari
pencarian informasi tesebut. Contohnya, seorang konsumen akan mengunjungi took kedua
dengan tambahan tranportasi hanya Rp 5.000,- tetapi ia yakin akan memperoleh tambahan
manfaat yang lebih besar
2)
Faktor
yang mempengaruhi proses pencarian informasi yang ekstensif
·
Faktor
resiko produk
·
karakteristik
konsumen (Pengetahuan dan pengalaman konsumen)
·
Faktor
situasi (keadaan yg sedang dihadapi konsumen, misalnya ia hanya memiliki waktu
yg terbatas, sehingga ia tidak bisa melakukan pencarian yg ekstensif)
3. Evaluasi Alternatif
4. Menentukan
Alternatif Pilihan
Ada beberapa teknik yang dapat
digunakan untuk menentukan alternative pilihan :
1) Teknik Kompensatori
Dalam teknik ini kelebihan suatu atribut dari sebuah merk dapat
menutupi kelemahan dari atribut lainnya. Konsumen akan mengevaluasi keseluruhan
atribut yang dimiliki suatu merk, kemudian ia memberikan penilaian secara
keseluruhan
2) Teknik Nonkompensatori
Teknik ini menyatakan bahwa skor yang tinggi pada suatu
atribut tidak bias menutupi skor yang rendah pada atribut lain
3) Teknik Leksikografik
Konseumen akan mengevaluasi merk alternatif bedasarkan
atribut yang dianggap paling penting
4) Teknik Pengurangan bertahap
Sama dengan teknik Leksikografik, bedanya teknik ini
menetapkan skor minimal atau standar untuk atribu yg dianggap paling penting
tersebut
5) Teknik Konjungtif
Konsumen akan menetapkan batas minimum standar atau skor
untuk setiap atribut yg dievaluasi
6) Teknik Disjungtif
Sama dengan dengan teknik konjungtif, bedanya teknik
disjungtif akan memilih
merk yang memiliki skor yang tertinggi pada salah satu
atribut dari merk tersebut
5. Menentukan Pilihan
Produk
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar