PEMBELIAN
Lain
halnya penjualan, ini merupakan aktivitas utama perusahaan. Besarnya pendapatan
perusahaan sangat ditentukan oleh besar kecilnya penjualan. Kegiatan penjualan
itu sendiri berhubungan erat dengan kegiatan marketing atau pemasaran.
Sedangkan pembelian mempunyai arti sebagai proses bisnis dalam memilih sumber
daya-sumber daya, pemesanan dan perolehan barang atau jasa. Fungsi pembelian dalam
organisasi, untuk menentukan apakah perusahaan sudah memperoleh efisiensi biaya
yang maksimum dari yang telah dilaksanakan oleh fungsi tersebut selama ini.
Penelitian ini menjadikan fungsi pembelian sebagai sasaran.
Fungsi pembelian sering dianggap sebagai bagian yang paling penting dan
berpengaruh, bahkan bisa dikatakan sebagian besar proses bisnis berasal dari
kegiatan pembelian. Alasan yang sangat fundamental untuk membahas fungsi
pembelian ialah karena dalam bidang ini pemborosan mudah terjadi, baik karena
perilaku yang disfungsional maupun karena kurangnya pengetahuan dalam berbagai
aspek pembelian bahan, sarana, prasarana dan suku cadang yang diperlukan
perusahaan.
Pengalaman banyak perusahaan bahwa biaya untuk menghasilkan suatu produk
mungkin mencapai sekitar lima puluh persen dari harga jual produk, menjadikan
fungsi pembelian sebagai sumber pemborosan apabila tidak diselenggarakan dengan
baik dan sumber penghematan yang akan memperbesar laba perusahaan apabila
dilakukan dengan teliti dan cermat.
Beberapa
alasan mengapa pembelian merupakan area yang penting yang dikemukakan Brown
dkk. (2001:131), yaitu: 1).Fungsi pembelian memiliki tanggung jawab untuk
mengelola masukan perusahaan pada pengiriman, kualitas dan harga yang tepat,
yang meliputi bahan baku, jasa dan sub-assemblies untuk keperluan organisasi. 2).
Berbagai penghematan yang berhasil dicapai lewat pembelian secara langsung
direfleksikan pada lini dasar organisasi. Dengan kata lain, begitu penghematan
harga dibuat, maka akan mempunyai pengaruh yang langsung terhadap struktur
biaya perusahaan. Sehingga sering dikatakan bahwa penghematan pembelian 1%
ekivalen dengan peningkatan penjualan sebesar 10%. 3). Pembelian dan suplai
material mempunyai kaitan dengan semua aspek operasi manajemen.
Bagaimana cara sebuah perusahaan dalam mengendalikan strategi pengadaan
barangnya akan mempunyai pengaruh langsung terhadap bagaimana perusahaan
tersebut menjalankan bisnisnya. Pembelian yang baik juga perlu menjadi
perhatian untuk organisasi-organisasi non profit dan pemerintah. Berbagai
tekanan yang berkaitan dengan kurangnya dana yang tersedia dan besarnya biaya,
mendorong organisasi-organisasi tersebut untuk beroperasi seefisien mungkin
dengan biaya seminimum mungkin.
Jadi, apapun jenis dan ukuran perusahaannya, pembelian yang dilaksanakan dengan
ekonomis dan efektif amat diperlukan dalam upaya mencapai kondisi perusahaan
yang sehat karena pembelian merupakan kegiatan yang memerlukan pengerahan
sumber daya dalam jumlah besar.
Sumber :
http://sobatbaru.blogspot.com/2010/05/definisi-pembelian.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar