Jumat, Oktober 07, 2011

Pancasila 2

 


                 Agama merupakan pandangan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari, termasuk hidup berorganisasi. Pancasila jugamerupakan pedoman dalam sebuah segi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Apakah itu tidak berarti meng-agama-kan Pancasila ?


·        Dari pernyataan tersebut memang sangat meyakinkan bahwa semua pedoman hidup dalam berbagai segi kehidupan ada dalam Pancasila. Tapi  apa betulkah begitu. Pancasila digunakan sebagai penunjuk arah semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan dalam berbagi bidang . Yang berarti bahwa tingkah laku atau perbuatan  setiap masyarakat Indonesia harus dijiwai dan merupakan tolak ukur dari semua sila yang ada di pancasila memang tidak dapat dipisahkan antara yang satu dengan yang lain . Keseluruhan sila di dalam Pancasila adalah satu kesatuan yang dinamis. 
Tetapi saya tidak setuju jika ini diartikan sebagai meng-agama-kan Pancasila, karena hal ini akan menimbulkan banyak asumsi-asumsi yang berbeda dari tiap lapisan masyarakat yang berujung ke dalam hal yang negative.
Menurut saya lebih enak didengar apabila diartikan sebagai mangamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari . hampir sama saja , tetapi keduanya memiliki perbedaan .Ini lebih baik dari pada meng-agama-kan Pancasila karena di dalam Pancasila soal agama sendiri terpisah dengan pandangan hidup kenegaraan lain antara sila ke-1 sampai dengan ke-5  itu memiliki unsur masing-masing .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar