Senin, Juni 09, 2014

Metode Penelitian dengan Analisis SWOT



Populasi penelitian dilakukan di daerah Kampung Cimangguray Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Waktu yang digunakan untuk meneliti adalah 4 bulan.
Jadwal Waktu Penelitian
No
Kegiatan
Jadwal Penelitian
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Pendahuluan

















a. Latar Belakang

















b. Identifikasi Masalah

















c. Tujuan Masalah

















d. Hipotesis

















e. Model Penelitian
















2
Studi Pustaka

















a. Landasan Teori

















b. Identifikasi Penelitian         Sejenis
















3
Metode Penelitian

















a. Pengumpulan data

















b. Analisis data
















4
Penulisan Skripsi



















PENGUMPULAN DATA
Data yang dikumpulkan adalah data primer. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan wawancara mendalam (in depth interview) terhadap  responden yang menjadi unit analisis penelitian. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pakar / narasumber yang dipilih secara sengaja dengan metode purpose sampling. Para pakar yang dipilih adalah yang mengetahui seluk beluk mengenai peternakan kambing, berpengalaman dan atau terlibat langsung dalam kegiatan tersebut.
METODE ANALISIS DATA
Perangkat analisis data yang digunakan adalah Matrik Evauasi Faktor Internal dan Eksternal, Diagram SWOT dan Matriks SWOT. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang, namun secara bersamaan dapat meminimaalkan kelemahan dan ancaman.
Data yang teridentifikasi dalam pengamatan lapangan, dirangkum dalam suatu matriks, yaitu: External Factor Evaluation (EFE) dan Internal Factor Evaluation (IFE) dimana data-data tersebut merupakan faktor strategis. Selanjutnya analisis tahap akhir adalah Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Setelah berhasil mengembangkan sejumlah alternatif strategi, perusahaan harus mampu mengevaluasi dan kemudian memilih strategi terbaik, yang paling cocok dengan kondisi internal perusahaan serta lingkungan eksternal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar