Kamis, April 04, 2013

PENALARAN DEDUKTIF

Penalaran Deduktif

Penalaran adalah proses yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian . Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proporsisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proporsi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proporsisi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Proses inilah dinamakan menalar.

Paragraf deduktif adalah paragraf yang ide pokok atau kalimat utamanya terletak di awal paragraf dan selanjutnya di ikuti oleh kalimat kalimat penjelas untuk mendukung kalimat utama.

ciri-ciri paragraf deduktif
  1. kalimat utama berada di awal paragraf.
  2. kalimat disusun dari pernyataan umum yang kemudian disusul dengan penjelasan.
  contoh paragraf deduktif :
-Pemandu gua memberikan penjelasan kepada wisatawan di dalam Gua Grubug di Gunung Kidul, Yogyakarta, Kamis (4/4). Gua Grubug dan Gua Jomblang selain menjadi tujuan tempat wisata khusus, ternyata masih banyak menyimpan berbagai aneka jenis tanaman langka yang hidup di kawasan hutan purba di Gunung Kidul.(http://www.merdeka.com/)

Macam-macam Penalaran Deduktif
Silogisme Silogisme adalah suatu proses pengambilan keputusan/kesimpulan (konklusi) dari 2 macam premis yang ada sebelumnya. Sehingga kita dapat menarik kesimpulan dari 2 premis yang ada sebelumnya yang kebenarannya sama dengan dua keputusan yang mendahuluinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar