Selasa, Juni 11, 2013

TEORI PENYUSUNAN PENELITIAN



1.      PENDAHULUAN

Latar Belakang
Bagian ini berisikan uraian/penjelasan yang berkaitan dengan fenomena-fenomena atau alasan-alasan yang mendasari mahasiswa/peneliti memilih atau tertarik untuk meneliti tema yang ditulis.

Rumusan dan Batasan Masalah
Atas dasar latar belakang masalah yang telah dijelaskan sebelumnya, pada bagian ini mahasiswa/peneliti mulai mengidentifikasi, membatasi dan selanjutnya merumuskan masalah yang hendak diteliti. Setelah rumusan masalah ada, mahasiswa/peneliti dapat menterjemahkan rumusan masalah tersebut dalam bentuk kalimat pertanyaan penelitian.

Tujuan Penelitian
Bagian berisi tujuan penelitian yang hendak dicapai, dan hal ini seharusnya mengacu kepada rumusan dan pertanyaan penelitian yang telah dibuat sebelumnya.

Manfaat penelitian
Sedikit berbeda dengan tujuan penelitian, sub bab manfaat penelitian berisikan manfaat penelitian yang dapat diperoleh dari penelitian yang akan dilakukan mahasiswa/peneliti tersebut.

Metode Penelitian
Bagian berisikan tentang bagaimana secara ilmiah, penelitian akan dilakukan. Poin-poin penting dalam bagian ini adalah :
·         Objek penelitian
·         Data / Variabel
·         Metode pengumpulan data / variabel
·         Hipotesis
·         Alat analisis yang digunakan,

Agenda Penelitian
Bagian ini hanya ada selama mahasiswa/peneliti masih dalam tahap pengajuan UP (usulan penelitian), dan dihilangkan dalam penulisan format PI selanjutnya.

 

2.      LANDASAN TEORI


Kerangka Teori
Bagian ini berisikan berbagai pengertian dan pemahaman mengenai teori yang benar-benar relevan dengan topik dan variabel.

Kajian Penelitian Sejenis
Bagian ini berisikan kajian mahasiswa/peneliti terhadap hasil-hasil penelitian sejenis atau penelitian yang memiliki kesamaan topik atau variabel dengan topik atau variabel yang sedang dan akan diteliti oleh mahasiswa/peneliti.

Alat Analisis
Bagian berisi penjelasan rinci (rumus, formulasi, langkah-langkah perhitungan, dsb.) mengenai berbagai alat analisis deskriptif dan kuantitatif yang akan digunakan dalam analisis masalah/pembahasan.


3.      METODE PENELITIAN

a.    Objek Penelitian
Sebutkan jenis penelitiannya, tunjukkan relevansinya dengan masalah/hipotesis penelitian, jika eksperimental, paparkan:
·         Variabel bebas & terikatnya
·         Perlakuan pada kelompok
·         Cara mengontrol variabel  

b.    Data / Variabel Yang Digunakan
·         Populasi Dan Sampel
Istilah ini digunakan jika ada pengambilan sampel, definisikan populasi, sebutkan cara pengambilan sampel & besarnya sapel, istilah subjek utk eksperimental.
·         Instrumen Penelitian
Sebutkan instrumen yg dipakai utk pengumpulan data, cara pengembangan instrument validitas & reliabilitasnya, spesifikasi alat & karakteristik bahan).

c.     Metode Pengumpulan Data
Sebutkan langkah operasional pengumpulan data, petugas atau peneliti sendiri kualifikasi dan jumlah petugas, waktu pengumpulan data, adanya pelatihan petugas (jika perlu dilakukan)

d.    Hipotesis
Dugaan/kesimpulan sementara dari suatu fakta yang daat diamati (Trelease, 1960).
Sebuah taksiran atau referensi yang dirumuskan serta diterima untuk sementara yang dapat menerangkan fakta-fakta yang diamati…(Good Dan Scates, 1954).
Jawaban sementara terhadap masalah penelitian, yang sebenarnya harus diuji secara empiris.

e.    Alat Analisis Yang Dingunakan
Sebutkan jenis statistiknya jika penelitian kuantitatif
Jelaskan alasan pemilihan penggunaan jenis statistic
Ketepatan jenis statistik tergantung pada:
·         Jenis variabel 
·         Rancangan penelitian 
·         Asumsi statistik



4.       PEMBAHASAN


Data dan Profile Objek Penelitian
Bagian berisikan Data dan Profile singkat objek penelitian

Hasil Penelitian dan Analisis/Pembahasan
Dalam bagian ini, mahasiswa/peneliti mulai menyajikan data dan hasil penelitian dan mulai menganalisis secara deskriptif ( dengan tabel, grafik, flow, dan sejenisnya) serta mengkombinasikannya dengan analisis kuantitatif yang telah disebutkan dibagian sub-bab 1.5.5.

Rangkuman Hasil Penelitian
Berbeda dengan kesimpulan, bagian ini berisi rangkuman hasil penelitian, yang umumnya dapat disajikan dalam tabel ringkasan hasil.


5.       PENUTUP


Kesimpulan
Bagian ini berisikan kesimpulan dari hasil penelitian mahasiswa/peneliti, yang pada prinsipnya merupakan jawaban dari pertanyaan penelitian yang ada.
Saran
Isi yang ada pada bagian ini harus diprioritaskan pada saran terhadap butir-butir kesimpulan yang ada.

Bagian Akhir

Daftar Pustaka
Berisi daftar referensi (buku, jurnal, majalah, dll), yang digunakan dalam penulisan.
Lampiran
Penjelasan tambahan, dapat berupa uraian, program, gambar, perhitungan-  perhitungan, grafik, atau tabel, yang merupakan penjelasan rinci dari apa yang disajikan di bagian-bagian terkait sebelumnya.


Sumber:
·         university of gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar