Rabu, Maret 30, 2011

Kejujuran

"KEJUJUARAN"


Sebuah perkataan yang mengungkapkan sebuah kebenaran atau kenyataan dari suatu kejadian. Berkata Jujur atau tidak berbohong adalah keberhasilan seseorang dalam hidupnya. Knp? .Karena kejujuran di ibaratkan sebagai suatu benda yang sangat berharga yang sulit sicari. Belum tentu setiap orang selalu berkata kejujuran dan manusia manapun tidak bisa mendeteksi atau dapat mengetahui apakah orang itu berkata yang sebenarnya atau sebaliknya ? yang bisa menjawab hanya kamu dan sang maha mengetahui segalanya.

Kenapa orang banyak yang menceritakan kebohongan dari pada kejujuran ? Padahal lebih mudah berkata jujur dari pada harus berbohong. Banyak resiko yang akan ditanggung bila berbohong dan mempunyai tanggung jawab yang besar pula .

Apa kita bisa berkata jujur ? Jujur sebenarnya mudah . kamu hanya cukup mengatakan yang sebenarnya dan tidak mengurangi dan melebih-lebihkan , tetapi pada prakteknya mengatakan kejujuran itu susah-susah gampang

Misalnya , kita dalam situasi sedang belajar dan biasaanya setelah guru / dosen menerangkan semua pelajaran dengan panjang lebarnya , mereka akan menanyakan kepada muridnya “apa ada pertanyaan ?” , ”apa ada yang tidak mengerti ? “

Lalu para siswa tidak ada yang menjawab, Semua murid diam, tapi biasanya ada beberapa siswa yang menjawab “paham bu/pa dan guru mengiyakannya saja ,kalau muridnya sudah paham apa yang di jelaskan tadi. Padahal kita belum mengerti dan belum paham betul apa yang tadi diterangkan dan malu untuk bertanya. Lalu apa ini sebuah kejujuran ? Berarti kita sering berkata bohong dari pada kejujuran.

Memang ternyata kejujuran itu cukup sulit .Dan kejujuran itu modal utama untuk diri kita, supaya kita dapat dipercaya oleh orang lain. Itulah harga yang akan didapat dari setiap kejujuran. Dan ingatlah kebenaran akan selalu menang dari sebuah kejahatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar