Sabtu, November 10, 2012

Menjaga Kesehatan



 Minum Air Putih
Tubuh yang sehat adalah harapan semua manusia. Tak ada satupun makhluk di bumi ini yang menginginkan tubuhnya sakit. Untuk memiliki tubuh yang sehat tentunya harus dimulai dari kebiasaan baik yang rutin pula. Memiliki tubuh yang sehat tidak mesti dengan biaya yang mahal. Semua itu bisa didapatkan juga dengan memulai kebiasaan hidup sehat secara rutin.
Salah satu hal kecil yang bisa kita lakukan namun memiliki efek positif yang besar bagi tubuh kita adalah dengan minum air putih secukupnya. Air putih sangat penting sekali untuk kelangsungan hidup semua makhluk, baik manusia, hewan ataupun tumbuhan. Namun banyak yang kurang menyadari arti pentingnya air putih bagi kelangsungan hidup.
Kebutuhan air putih bagi setiap orang berbeda-beda, tergantung dari faktor iklim dan aktivitas yang dilakukannya. Seseorang yang tinggal di daerah yang beriklim panas tentu lebih banyak membutuhkan air putih dibandingkan dengan orang yang tinggal di daerah dingin. Begitu pula halnya dengan orang yang memiliki aktivitas yang berat. Ia juga membutuhkan air putih dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yag beraktivitas normal.
Volume air putih yang disarankan untuk diminum per harinya adalah sekitar 2 liter per hari atau sekitar 8 gelas per hari. Dari hal kecil seperti itu saja, terkadang banyak dari kita yang tidak memenuhinya. Sebagian besar orang hanya minum air putih untuk menghilangkan rasa dahaganya.
Saat ia tidak sedang haus, maka ia tidak minum air putih. Kebanyakan orang meminum air putih saat ia benar-benar membutuhkannya di kala haus. Kalau seperti itu, tentu volume air putih yang disarankan untuk diminum tidak akan tercukupi. Volume air putih yang disarankan untuk diminum per hari memang 2 liter atau sekitar 8 gelas per hari, tetapi jumlah itu bukan berarti harus dipenuhi dengan diminum sekaligus.
Untuk memenuhi volume air putih yang dsarankan baik bagi tubuh, kita bisa meminumnya secara bertahap. Misalnya ketika bangun tidur minum 1-2 gelas, saat sarapan minum 1 gelas, saat beraktivitas minum beberapa gelas. Begitu seterusnya sampai volume air putih yang disarankan untuk tubuh terpenuhi.

Minum air saat bangun tidur berguna untuk tubuh. Umumnya kita tidur ± 6-8 jam pada malam hari. Tentu cukup lama, bukan? Selama kita tidur dalam waktu yang lama tersebut, kita tentu tidak minum. Tentu tidak mungkin bukan jika kita tidur sambil minum? Hahaha..
Nah, disaat kita tidur tersebut, tentu tubuh akan mengalami deficit air. Ditambah lagi saat tidur, tubuh terus bekerja memperbaiki sel dan juga terjadi penguapan. Oleh karena itu, saat bangun tidur kita memerlukan air yang cukup untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat tidur ± 1-2 gelas.
Tujuh puluh persen organ tubuh kita memiliki kandungan air. Otak mengandung air yang paling banyak, sehingga otak membutuhkan asupan air yang cukup banyak. Jika tubuh mengalami dehidrasi, otak bisa mengalami keterlambatan berpikir (atau biasa disebut lemot). Maka dari itu jangan sepelekan masalah minum air putih karena dibalik hal kecil itu terkandung manfaat yang sangat besar bagi tubuh. Hanya mungkin manfaat air putih bagi tubuh kita sering kali tidak disadari.
Kebiasaan untuk minum air putih hingga 2 liter per hari atau sekitar 8 gelas per hari (1 gelas = ±250 ml) memang bukan kebiasaan yang mudah untuk dilakukan. Butuh proses pembiasaan diri. Jika tubuh tidak biasa mendapatkan kondisi seperti itu, tentu akan terasa sulit sekali mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Sering-seringlah minum air putih secukupnya sebelum merasa haus, dan jadikan kebiasaan. Lama kelamaan secara tidak sadar otak akan memerintahkan tubuh untuk mengambil minum. Artikel penulisan ini bersumber dari blog sharlita sara izzati.
Untuk dapat membiasakan diri meminum air putih sesuai dengan kebutuhan, kita bisa membiasakan diri untuk selalu membawa air putih kemana pun kita pergi, setiap selesai beraktivitas biasakanlah untuk minum air putih, setiap selesai makan biasakanlah untuk menyediakan air minum untuk diminum setelah selesai makan, kurangi minuman-minuman selain air putih, misalnya kopi, atau minuman bersoda, serta biasakan diri untuk meminum air putih setelah bangun tidur supaya mejaga metabolisme tubuh disaat akan melakukan aktifitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar