Rabu, Januari 09, 2013

Mengatasi Masalah Kipas Angin Berisik dan Tidak Berputar



Mengatasi Masalah Kipas Angin yang Bersuara Berisik dan Tidak Berputar.

Jika kipas angin mengeluarkan suara yang cukup mengganggu atau bising, inilah hal-hal yang menyebabkan kipas angin bersuara.
1.    Cek mur atau baut pada komponen kipas angin apakah ada yang longgar atau baut terpasang tidak cukup kuat >> periksa baut pengikat dan kencangkan kuat-kuat.
2.      Jika baling-baling berputar tidak seimbang >> periksa keseimbangan putaran kipas.
3.      Cek posisi komponen kipas atau sangkar baling-baling kipas >> betukkan posisi ke tempat semula.
4.      Jika poin diatas sudah dilakukan tetapi masih terdengar suara berisik maka, bongkar seluruh komponen yang berhubungan dengan baling-baling lalu dibersihkan, kemudian pasang ulang pada sesuai posisi semula.

Jika kipas angin tidak berputar atau mati, inilah hal-hal yang menyebabkan kipas angin itu tidak berputar.
1.      Periksa kabel power dengan menggunakan alat testpen atau avometer. Apabila ada salah satu kabel putus, solder ulang kabel tersebut jika kabel sudah tidah bagus atau terbakar sebaiknya di ganti dengan yang baru.
2.      Cek saklar menggunakan avometer dengan dilakukan sebagai berikut, tempelkan kabel avometer pertama ke ujung saklar dan kabel avometer kedua pada switch pertama, kedua, ketiga sebanyak saklar yang ada secara bergantian, sampai kondisinya dipastikan tersambung sempurna. Jarum avometer bergerak ke kanan, berarti normal. jika tidak berarti, saklar rusak harus dilepas dan ganti yang baru.
3.      Jika kipas angin memiliki timmer, pastikan alat itu dalam kondisi normal atau tidak rusak dengan cara menempelkan kedua ujung timer pada masing-masing ujung kabel avometer. Apabila jarum avometer bergerak ke kanan, berarti timer dalam kondisi normal.
4.      Periksa dinamo kipanya jika masih dalam keadaan kipas tidak menyala.
5.   Jika kondisi dinamo tidak bergerak atau tidak berdengung sama sekali, bongkar bagian spool dinamo. Periksa ada tanda terbakar atau tidak. Jika terdapat tanda terbakar, ganti dinamo atau gulung ulang dinamo kipas anginnya.
6.      Jika tidak ada tanda-tanda terbakar pada spool, kemungkinan terbesar thermofuse yang terpasang pada sela-sela gulungan spool dinamo itu terputus. Cara mengatasinya, thermofuse dilepas atau dipotong, lalu sambungkan antara kedua potongan tersebut atau ganti dengan thermofuse yang bru dan sambung dengan spool seperti semula
Referensi : buku Jago Peralatan Elektronika Ruma Tangga secara Otodidak

9 komentar:

  1. Cara mengatasi kipas angin gantung yg suaranya bising. Jika di potong sedikit apakah bisa berhenti bisingnya? Atau harus gimana biar tidak bising?,,, makasih. 083879465460

    BalasHapus
  2. Soft case saya polytron, suara kipasnya berisik bgt, udah saya bongkar saya geser2 kipasnya tetep aja berisik, gmn lagi yg harus saya lakukan, tolong kasih tau saya cara yang lain biar kipas soft case saya ga berisik lagi

    BalasHapus
  3. Periksa bagian yang berisik atau mungkin bagian kipas menggesek bagian body, atau dengan pelumasan bagian pemutar dg WD atau Minyak oli

    BalasHapus
  4. KIPAS ARASHI YANG DIDINDING SAAT WINGS DIBAGIAN TENGAH TIBA2 MATI HIDUP KEMBALI APA AKIBATNYA

    BalasHapus
  5. kipas angin saya merk tecstar, tibatiba bunyi yang sangat berisik. apakah penyebab nya?dan bagaimana cara memperbaiki nya?saya tidak tau. karena kipas tsb saya tidak bisa tidur. mohon bantuan nya, terimakasih.

    BalasHapus
  6. Kipas angin yg digantung, setiap kali abis dicuci selalu berbunyi berisik, pdhl sudah dlm kondisi kering, kira2 knp yaa??

    BalasHapus
  7. Kipas angin yg digantung, setiap kali abis dicuci selalu berbunyi berisik, pdhl sudah dlm kondisi kering, kira2 knp yaa??

    BalasHapus
  8. kipas angin lama saya selalu berbunyi bahkan mengeluarkan getaran yang sangat kuat dan brisik,dan juga anging ny ga ada blas,,,
    mohon solusinya

    BalasHapus
  9. Kipas dinding berisik bisa di akibatkan oleh AS nya goyang, coba di bongkar dan di bagian as yg menempel pada tutup depan itu di lem pake lem G (lem china) insyaallah beres, itu pengalaman saya pribadi.

    BalasHapus