Sabtu, Oktober 13, 2012

Pengaruh Lingkungan terhadap Status Sosial


Pengaruh Lingkungan Terhadap Kelas dan Status Sosial

Pengaruh kelas sosial dan status banyak berpengaruh pada kehidupan kita. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan mempunyai beberapa tanggung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan manusia. Sekarang, masyarakat menuntut kepada perusahaan-perusahaan untuk mencegah kesenjangan sosial seperti itu. Istilah status sosial menunjukan pertimbangan manajemen tentang pengaruh-pengaruh sosial di samping itu juga pengaruh ekonomi dari keputusan-keputusannya. Ini berlaku bagi semua perusahaan. Status sosial tersebut mencakup hal-hal seperti bidang kesehatan, informasi konsumen, praktek diskriminasi dan kesenjangan lingkungan.

Pegertian kelas sosial
Kelas sosial atau golongan sosial merujuk kepada perbedaan hierarkis (atau stratifikasi) antara insan atau kelompok manusia dalam masyarakat atau budaya. Biasanya kebanyakan masyarakat memiliki golongan sosial, namun tidak semua masyarakat memiliki jenis-jenis kategori golongan sosial yang sama. Berdasarkan karakteristik stratifikasi sosial, dapat kita temukan beberapa pembagian kelas atau golongan dalam masyarakat. Beberapa masyarakat tradisional pemburu-pengumpul, tidak memiliki golongan sosial dan seringkali tidak memiliki pemimpin tetap pula. Oleh karena itu masyarakt seperti ini menghindari stratifikasi sosial. Dalam masyarakat seperti ini, semua orang biasanya mengerjakan aktivitas yang sama dan tidak ada pembagian pekerjaan.

Pengertian status sosial
Status sosial adalah tempat atau posisi seseorang dalam suatu kelompok social , sehubungan dengan kelompok-kelompok lain di dalam kelompok yang lebih besar lagi.

Masyarakat sekarang mempunyai pengaruh yang kuat dan bermacam-macam, dan berbagai kelompok yang ada dimotivasi oleh minatnya sendiri. Sikap perusahaan harus menjaga hubungan baik dengan kelompok tau pihak-pihak yang berkepentingan. Maka pengaruh kelas social dan status social ini menimbulkan banyak kontroversi dikarenakan masyarakat kita selalu memikirkan diri sendiri menjadikan kesenjangan social yang makin jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar